Memperluas pembaca situs ugos

agung nugroho published Memperluas pembaca situs ugos on Tuesday, October 7th, 2008 at 3:10 am. It's been categorized as catatan kecil and tagged with

Sudah menjadi hal umum kn, kl kita menulis harus bisa di baca dan dimengerti oleh orang lain. Misalkan kita menulis kan sebuah cerita teknis yg harus bisa di mengerti oleh orang awam. Sulitkah ? jawabannya bisa ya dan tidak. Hal ini saya praktek betul di situs ugos.ugm.ac.id. Setelah melihat materi konten yang ada, semua berwajah teknis, bahkan sangat-sangat jarang sekali ada berita mengenai migrasi yang dilihat dari sudut pandang yang di migrasi. Secara major, seluruh tulisan adalah teknis, bahkan komentar, walaupun komentar memang tidak bisa di jadikan patokan mengenai karakter dari pembaca sebuah web.

Trus gmn ? untuk memperluas target seng baca (diluar orang teknis dan orang ugm), sepertinya juga memang perlu ada sedikit perubahan. Nah ini dia yang sedang saya coba eksperiment kn.. tidak lupa juga saya konsultasi dengan teman dan saudara yang memiliki background jurnalis. Pertanyaan dari saya biasanya standar, bagaimana menuliskan hal teknis, sehingga mudah dimengerti oleh pembaca yang sama sekali tidak mengerti teknis ?

“Sederhanakanlah seluruh kalimat, hilangkan kata2 teknis”, ini mayoritas jawaban yang saya dengar, tapi ketika saya menanyakan “ada ga sih media yang bisa jadi contoh, jd berita ne teknis, tapi malah lebih mudah dicerna oleh orang di luar teknis?”. “Coba baca motor plus, cara penyampaian berita-nya bener2 seperti berbicara dengan orang non teknis”, senyum simpul dari sodara saya.

“Lalu bagaimana jika situs itu merupakan salah satu program dari institusi, karena feel saya menulis di situs tersebut hilang begitu saja, tidak selepas menulis di blog”, saya timpali. “hm.. ini agak sulit, karena kesalahan sedikit bisa2 menjelekkan nama institusi, yah.. tau sendiri kan portal berita yang sering salah nulis dan ndak konfirmasi itu”, kami bedua ketawa ngekek.. wekekekekkek….

“Ciptakanlah karakter lain, salah satu keuntungan media online seperti web adalah menciptakan karakter lain, penulis boleh sama, tapi tulisan dari tiap web biasanya malah menggambarkan karakter yang berbeda dari orang aslinya”, jelas dia.

*saya ngangguk2 sok ngerti*

Setelah diskusi apa selanjutnya ? nunggu komentar postingan ini, karena saya butuh masukan, ide, dan sentilan

Beberapa tulisan ttg ugos dari sudut pandang orang luar :

http://idiotz.wordpress.com/2008/07/04/ugos-ugm-arogan/
http://mcds.site88.net/wordpress/?p=29
http://paknewulan.wordpress.com/2008/08/18/masalah-masalah-dalam-pemakaian-linux/

¶ Thank you for taking the time to read Memperluas pembaca situs ugos. If you enjoyed this article then feel free to subscribe to this site's RSS feed. In addition, you can browse my related and recent posts below.

The Conversation

No Comments Yet

You can be the first to comment!

Leave a comment

Comment Policy: Be nice, be bold, be brave.

SubscribeTao of You || Basic ConceptArt by Jessica DoyleValid XHTML & CSS